BP3 Trowulan Identifikasi Arca Kediri

Kompas.com - 21/06/2011, 12:25 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KEDIRI, KOMPAS.com - Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto mulai menindaklanjuti penemuan arca di Kediri, Jawa Timur. Mereka mengumpulkan data guna mengidentifikasi jenis arca tersebut.

Kepala BP3 Trowulan, Aris Soviyani mengatakan, Senin (20/6/2011), pihaknya mengirimkan dua orang untuk mengecek keberadaan arca yang ditemukan di samping sumber mata air Sendang Kembar, Desa Gayam, Kecamatan Mojoroto itu.

"Kita kirimkan seorang arkeolog dan staf. Selain itu juga didampingi Kepala Polsek serta perangkat desa setempat," kata Aris yang dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (21/6/2011).

Hasilnya, dua arca tersebut memang merupakan benda cagar budaya. Satu diidentifikasi sebagai patung Ganesha, satu lagi tidak dapat dikenali karena sudah tidak utuh lagi. " Kondisinya sudah patah dan aus, yang tertinggal cuma kaki. Jadi istilahnya "arca tokoh" karena belum dapat diidentifikasi," lanjut Aris.

Selain dua arca yang menurut warga ditemukan dalam bongkahan batang pohon beringin yang sudah lapuk itu, petugas juga menemukan dua batu lainnya, yaitu batu dakon dan batu lapis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.