Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulat Bulu yang Serang Kendal Jenis Kirek

Kompas.com - 13/06/2011, 16:10 WIB

KENDAL KOMPAS.com - Ribuan ulat bulu yang menyerang Dukuh Tapak Barat, Desa Kedung Gading, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dikenal warga setempat  dengan nama kirek.

"Jenis ulat bulu yang menyerang bulan lalu, bentuknya coklat sedikit besar. Sekarang ini, kecil," kata Suratman yang datang ke lokasi, Senin (13/6/2011).

Ulat bulu yang menyerang Kendal kali ini, kecil dan berwarna putih, namun lebih agresif kalau dibandingkan dengan ulat bulu yang menyernag bulan lalu.

Menurut Suratman, ulat bulu yang menyerang kali ini sangat ringan dan mudah terbawa angin. Jika angin bertiup kencang, ulat cepat menyebar. 

Warga memusnahkan ulat bulu dengan cara membakar dan menebangi pohon-pohon yang menjadi sarang hama itu.

Salah seorang warga Dukuh Tapak Barat, Budiyono, mengatakan, ulat bulu yang menyerang desanya empat hari ini sangat cepat menyebar. Bahkan beberapa warga terpaksa harus mengungsi, karena ketakutan. Mereka mengalami gatal-gatal pada tangannya.

"Ulat-ulat itu awalnya cuma menyerang pohon waru. Tetapi karena terbawa angin, terus nyebar ke rumah-rumah warga," kata Budi.

Ia berharap Dinas Pertanian Kendal segera melakukan penyemprotan untuk membasmi ulat bulu itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com