Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Pasar di Jakarta akan Direvitalisasi

Kompas.com - 01/06/2011, 20:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari 153 pasar di wilayah DKI Jakarta, 97 pasar di antaranya dalam kondisi rusak. PD Pasar Jaya berencana melakukan peremajaan dan revitalisasi terhadap pasar-pasar yang rusak.

Menurut Asisten Manager Divisi Humas PD Pasar Jaya Yohanes Daramonsidi, perbaikan akan dilakukan secara bertahap. "Secara bertahap revitalisasi dan peremajaan telah dilakukan sejak 2009 dan terus berjalan sampai saat ini," kata Yohanes, Rabu (1/6/2011) di Jakarta.

Beberapa di antara pasar yang telah direnovasi dan direvitalisasi sudah diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, seperti Pasar Klender, Pasar Rawa Bening, Pasar Duren Sawit, dan Pasar Bojong Indah.

Dalam tahun ini rencananya ada 11 pasar yang akan diremajakan dan dua pasar direvitalisasi. Peremajaan dilakukan secara menyeluruh terhadap gedung, sedangkan revitalisasi hanya akan menambah fasilitas gedung pasar saja. Untuk 2012, perbaikan akan dilakukan pada 26 pasar yang rusak di Jakarta.

Yohanes menjelaskan, peremajaan dan revitalisasi sebagai bentuk komitmen pemerintah agar pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern.

Sebanyak 11 pasar yang akan diremajakan tahun ini, yakni Pasar Tanah Abang Blok B, Pasar Ganefo, Pasar Koja Baru, Pasar Pademangan Barat, Pasar Kedoya, Pasar Cipinang Besar, Pasar Lenteng Agung, Pasar Pondok Bambu, Pasar Cidodol, Pasar Pejagalan, dan Pasar Ujung Menteng. Sementara dua pasar yang akan direvitalisasi adalah Pasar Perniagaan dan Pasar Jatinegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com