Pesta Adat 'Adu Betis' Setelah Panen Raya

Kompas.com - 25/05/2011, 10:05 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BONE, KOMPAS.com - Pesta panen raya di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan memiliki keunikan tersendiri. Tiap kali pesta panen raya, masyarakat sekitar akan berkumpul dan melakukan ritual adu betis atau yang dikenal warga setempat dengan istilah Malanca.

Memang jika dilihat sepintas, aksi tersebut terkesan anarkis. Namun tidak demikian bagi warga sekitar. Di Kecamatan Samaelo, Kabupaten Bone, Selasa (24/5/2011) kemarin, warga mulai berkumpul dan membawa makanan untuk menuju sebuah lapangan luas.

Mereka datang untuk menyaksikan ataupun ikut dalam ritual Malanca. Sebelum memulai ritual, makan yang dibawa warga, akan disantap bersama, dan dilakukan pembacaan doa dari pemuka agama setempat, dan juga para tokoh adat.

Menurut salah seorang tokoh adat, Nurdin, hal tersebut merupakan adat turun temurun yang terus diwariskan. "Ini sebagai bentuk syukur dan ajang berkumpul warga di sini. Karena sebelum memulai ritual, kami makan bersama dulu sebagai salah satu bentuk kebersamaan atas limpahan hasil bumi yang ada," ungkap Nurdin.

Meskipun ada yang merasa kesakitan, namun hal itu sudah biasa dan tidak menimbulkan dendam antar sesama peserta Malanca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.