Peraih UN Tertinggi Terancam Tak Kuliah

Kompas.com - 16/05/2011, 20:02 WIB
EditorLatief

MALANG, KOMPAS.com — Faktor biaya menjadi kendala utama bagi Chantika Padmadewi (18), siswi SMKN 8 Kota Malang, Jawa Timur, peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi tingkat SMK di Jawa Timur, untuk melanjutkan studi ke bangku kuliah. Ditemui di SMKN 8, Kota Malang, Senin (16/5/2011), seusai mengikuti pengumuman kelulusan, Chantika mengaku dirinya belum tentu bisa melanjutkan ke bangku kuliah.

"Saya belum tentu melanjutkan kuliah karena keluarga saya tak ada biaya, katanya," ucap Chantika.

Chantika mengaku, sebenarnya dirinya ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

"Saya sebenarnya ingin melanjutkan ke Politeknik Negeri Malang, mau ambil jurusan Teknik Informatika. Tapi tidak tahu, apa ada biaya," kata anak dari pasangan Jonjang Himawan dan Tutik Arumi ini.

Di SMKN 8 Kota Malang, Chantika adalah siswi jurusan Teknik Komputer Jaringan. "Saya masih bingung antara melanjutkan kuliah atau bekerja untuk membantu keluarga," ujarnya.

Saat ini Chantika sudah mendaftar di Politeknik Jurusan Teknik Informatika melalui jalur PMDK dan masih dalam tahap seleksi.

"Semoga saja bisa kuliah dengan nilai yang saya peroleh itu," harapnya.

Sementara itu, menanggapi keinginan anaknya tersebut, Jonjang Himawan, ayah Chantika, saat dihubungi via telepon mengaku akan berusaha semaksimal mungkin agar anaknya bisa melanjutkan studi.

"Karena saya harus mempersiapkan biaya senilai Rp 10 juta untuk biaya daftar ulang. Kalau demikian, berarti saya harus mempersiapkan biaya sebesar Rp 20 juta. Karena harus menguliahkan dua anak saya yang sama-sama lulus tahun ini," akunya.

Chantika Padmadewi adalah saudara dari Ayunda Prima Dewi, dari pasangan Jonjang Himawan dan Tutik Arumi.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.