Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli MA-60, Merpati Dapat Harga Murah?

Kompas.com - 11/05/2011, 14:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Merpati Nusantara Airlines membeli pesawat MA-60 dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga biasanya. Total untuk pembelian 15 pesawat buatan Xian Aircraft Industry itu, Merpati hanya merogoh kocek sebesar 161 juta dollar AS.

Dengan demikian, Direktur Utama Merpati Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, satu pesawat itu hanya dibanderol seharga 11,26 juta dollar AS. Padahal, menurut pengamat penerbangan Dudi Sudibyo, harga standar pesawa itu 12,5 juta dollar AS.

Sebagai informasi, kontrak pengadaan 15 pesawat tersebut dituangkan dalam perjanjian penerusan pinjaman (subsidiary loan agreement/SLA) yang ditandatangani pada 2006. Pemerintah Indonesia meminjam pada Exim Bank of China sebesar 1,8 miliar renminbi atau setara dengan Rp 2,1 triliun.

SLA senilai 1,8 miliar renminbi itu dipinjamkan kepada Pemerintah Indonesia dengan bunga sebesar 2,5 persen per tahun. Dari pemerintah kepada MNA, pinjaman itu diturunkan dengan besaran bunga 3 persen per tahun. Masa tenor pinjaman termasuk tenggat selama 15 tahun. (Dani Prasetya/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com