Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerangka Gajah Keraton Masih Utuh

Kompas.com - 11/05/2011, 09:27 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Proses ekskavasi atau penggalian kerangka gajah keraton Yogyakarta di alun-alun selatan Keraton Yogyakarta saat ini sudah mencapai 90 persen dan tinggal proses pengangkatan. Seluruh kerangka gajah terlihat dengan jelas dan masih utuh. 

Setelah melakukan penggalian sedalam tiga meter selama enam hari, tim ekskavasi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, berhasil mencapai tulang-tulang kerangka gajah yang tampak masih utuh. 

Koordinator tim ekskavasi, Donan Satria Yudha, mengatakan, sisi kiri kerangka gajah sudah terlihat semua dan dalam waktu dekat akan dilakukan proses pengangkatan. Namun, sebelum pengangkatan dilakukan, akan ditinjau terlebih dahulu oleh Sultan Hamengku Buwono X dan Rektor UGM. 

"Hanya ada sedikit bagian ujung tulang yang rusak. Namun, kerusakan tersebut tidak berarti," ungkap Donan di sela-sela proses penggalian, Rabu (11/5/2011).

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Sultan Hamengku Buwono X menghibahkan kerangka gajah keraton kepada UGM untuk menambah koleksi museum biologi. Gajah keraton yang bernama Nyi Bodro tersebut didatangkan dari Way Kambas tahun 1996. 

Gajah betina tersebut sempat melahirkan gajah jantan. Bodro pada tahun 2000 mati dalam usia 29 tahun akibat sakit dan dikuburkan di kompleks kandang gajah di alun-alun selatan Keraton Yogyakarta. "Setelah diangkat semua, tulang-tulang ini akan dibersihkan dan diawetkan. Kemudian tulang-tulang tersebut dirangkai menjadi kerangka gajah dan disimpan di Museum Biologi UGM. Prosesnya masih panjang," ujar Donan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com