Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Bangun Resor Lansia di Karimun

Kompas.com - 09/05/2011, 20:44 WIB

KARIMUN, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan asal Malaysia akan membangun resor dan homestay atau second home bagi wisatawan mancanegara lanjut usia di objek wisata air panas di Desa Tanjung Hutan, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

"Kami belum akan menyebutkan nama perusahaannya, yang jelas investor tersebut berasal dari Malaysia," kata Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Karimun, Muhammad Tahar di Tanjung Balai Karimun, Senin (9/5/2011).

Menurut Muhammad Tahar, investor tersebut akan membangun resor dan home stay atau second home bagi para manusia lanjut usia (manula) mancanegara di atas lahan seluas 200 hektar di lokasi objek wisata air panas Tanjung Hutan, Kecamatan Buru. Nilai investasinya, kata dia, tidak tanggung-tanggung, sebesar Rp 2,5 triliun.

"Mereka sudah lima kali bolak-balik meninjau lokasi, ini menunjukkan mereka serius untuk berinvestasi. Bahkan, mereka telah mengurus izin prinsip. Langkah selanjutnya tinggal menunggu arahan dari Bupati," ucapnya.

Dia mengatakan, investor tersebut sudah berpengalaman dalam membangun resor dan home stay bagi wisman manula.

"Para manula dari luar negeri menyukai tinggal di tempat-tempat wisata sebagai tempat menghabiskan masa istirahat di hari tua. Perusahaan ini juga memiliki usaha sejenis di Eropa dan Afrika," kata dia.

Dia mengungkapkan, investor tersebut tertarik berinvestasi karena di Tanjung Hutan mempunyai sumber mata air panas.

"Selain menunggu arahan dari Bupati, proses selanjutnya adalah pembebasan lahan warga. Kami berharap pada akhir 2011 perusahaan tersebut sudah memulai kegiatannya," katanya menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com