Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kami yang Kecil Ikut Repot Juga..."

Kompas.com - 01/05/2011, 12:44 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com — Unjuk rasa buruh dengan menutup jalan di jalur pantura Klari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (1/5/2011), dikeluhkan para sopir yang terjebak macet. Mereka menyesalkan aksi itu karena menghambat lalu lintas dan merugikan pengguna jalan.

"Tahu macet begini, tadi enggak bakal lewat sini. Kenapa kami yang 'kecil' yang ikut rugi? Harusnya sudah dua rit jam segini," kata Suherman, sopir truk tangki pengangkut bahan bakar minyak.

Ia baru saja mengirim premium ke sebuah SPBU di Cikarang, Bekasi, dan hendak kembali ke Depo Pertamina Cikampek saat terjebak kemacetan panjang di Klari. Ratusan buruh menutup jalan di pertigaan Klari setelah diminta turun oleh polisi dari bus-bus yang membawa mereka.

Rencananya, para buruh dari sejumlah kawasan industri di Karawang itu akan demo dalam rangka Hari Buruh di Jakarta, siang ini. Lalu lintas macet total hampir satu jam.

Dari titik demo, kendaraan menumpuk lebih dari 1 kilometer hingga Terminal Klari di jalur menuju Cirebon serta ke timur di jalur menuju Jakarta. Penumpukan kendaraan juga terlihat di jalur keluar dari gerbang Tol Karawang Timur.

Sejumlah penumpang angkutan umum memilih turun dan jalan kaki. Sebagian melanjutkan perjalanan dengan ojek. Para buruh memberi kesempatan pengendara sepeda motor dan angkutan kota untuk melintas, tetapi tidak untuk mobil-mobil pribadi, bus, dan truk besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com