Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majalaya Banjir Bandang!

Kompas.com - 30/04/2011, 19:35 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Sekitar 2.000 rumah di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, saat ini terkena banjir bandang dengan meluapnya air dari Sungai Citarum, Sabtu (30/4/2011). Hingga berita ini diturunkan, permukaan air terus meningkat dengan arus air yang deras.

Demikian keterangan yang dikumpulkan Kompas.com. Ketinggian air di Jalan Laswi, jalan yang membelah Majalaya, mencapai 1,5 meter. Hal itu menyebabkan jalan tidak bisa dilalui kendaraan, termasuk membahayakan jiwa bila tetap diterobos warga yang terjebak di jalan. Saat ini, relawan dari Garda Caah tengah membantu warga menyelamatkan diri dan mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

"Majalaya mendapatkan limpahan air dari daerah Ibun yang lokasinya lebih tinggi. Sejak pukul 17.00 sudah hujan deras dan air hujan hanya membutuhkan waktu satu jam untuk mencapai Majalaya," kata administrator Garda Caah, Riki Waskito, Sabtu.

Mengandalkan relawan sebanyak 15 orang, Garda Caah juga membagi tugas untuk menghalau pengguna jalan yang terjebak di jembatan untuk tidak nekat melintas. Pasalnya, arus deras sangat membahayakan para pengguna jalan yang terjebak di dalam air.

Majalaya berada di antara dua jalur air dari daerah hulu, yakni dari wilayah Kamojang di Ibun, serta wilayah Kertasari. Air yang datang dari Kamojang bisa sampai ke Majalaya dalam waktu satu jam, sementara air dari Kertasari bisa mencapai dua-tiga jam.

"Semoga tidak ada korban jiwa malam ini," ujar Riki.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com