Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Dinaiki Suporter, 3 KA Jurusan Jakarta-Malang Dibatalkan

Kompas.com - 08/04/2011, 17:24 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Demi keamanan penumpang serta menghindari kerugian materiil dan immaterial, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memutuskan tidak menjalankan tiga kereta api (KA) jurusan Malang-Jakarta pada 9 dan 11 April nanti. Kebijakan tersebut bermula karena di Malang, akan digelar pertandingan sepak bola antara Arema Indonesia lawan Persija Jakarta dalam lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL), Minggu (10/4/2011) malam, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen Kabupaten Malang Jawa Timur.

Di hari yang sama, Minggu (10/4/2011) sore, juga akan dilangsungkan laga home antara Persema Malang melawan Real Mataram dalam kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI), di Stadion Gajayana Kota Malang. Sri Winarto, Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, saat dihubungi mengatakan, keputusan pembatalan 3 KA jurusan Malang-Jakarta dan Surabaya-Jakarta, untuk kelas ekonomi jarak jauh itu setelah PT KAI pusat melakukan evaluasi bahwa setiap ada pertandingan sepak bola yang mengangkut supporter, selalu menanggung kerugian yang cukup besar.

"Bahkan kerugian yang kami alami mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, citra PT KAI juga menjadi tidak baik karena anggapan masyarakat bahwa naik kereta api keamanannya tidak terjamin," katanya.

Sri megaku, pihaknya mendapat telegram dari PT KAI Pusat untuk tidak menjalankan kereta jurusan Jakarta pada tanggal 9 dan 11 April. Adapun Kereta Api yang dibatalkan pemberangkatannya pada tanggal 9 dan 11 April adalah Kereta Api Matarmaja jurusan Malang-Jakarta dan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan jurusan Surabaya Gubeng-Jakarta dan Kereta Api Kertajaya jurusan Surabaya Pasar Turi-Jakarta.

Pihaknya juga memasang pengumuman pembatalan tersebut di seluruh jalur yang dilewati tiga kereta api ini tersebut, yakni di jalur utara pengumuman dipasang di stasiun Pasar Turi, Stasiun Lamongan dan Stasiun Babat. Sedangkan jalur selatan pengumuman dipasang di Stasiun Gubeng, Stasiun Wonokromo dan Stasiun Mojokerto.

"Sedangkan di jalur Malang dipasang di stasiun Kotabaru Malang, Stasiun Kotalama Malang, Stasiun Wlingi dan Stasiun Blitar," bebernya.

Sri Winarto menambahkan, pihaknya meminta maaf atas pembatalan jadwal 3 KA tersebut. Pihaknya berharap masyarakat bisa memahami kondisi ini. "Dari pada banyak kerugian pada kami, lebih aman memang harus di batalkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com