Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Nabire Akhirnya Pulang

Kompas.com - 12/03/2011, 00:02 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Pengungsi di Nabire, Papua, akhirnya pulang ke rumah setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan tsunami. Gelombang kiriman tsunami dari Jepang tidak menyebabkan kenaikan gelombang yang membahayakan di wilayah tersebut.

Namun, dari ratusan warga, tidak semuanya kembali ke rumah masing-masing. Banyak yang berkumpul di rumah orang yang dituakan agar lebih siap jika perintah mengungsi kembali ada. Namun, ada juga yang langsung pulang ke rumahnya masing-masing.

"Saya pulangnya ke rumah mama, tidak pulang ke rumah karena masih takut," ujar Rini Hadijah yang menetap di Kabupaten Nabire, Papua, Jumat (11/3/2011) malam.

Mereka pulang ke rumah sekitar pukul 23.00 WIT setelah memastikan Papua tidak dicapai gelombang tsunami Jepang.

Sebelumnya BMKG melansir bahwa sejumlah daerah di Indonesia timur akan terkena gempa dan tsunami pada malam ini. Nabire adalah kabupaten langganan gempa di Papua. Pada akhir 2004 lalu daerah ini dihantam gempa dahsyat, tetapi tak sedahsyat tsunami Aceh yang menewaskan ratusan ribu orang. (Tribun Timur/Mursalim Djafar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com