Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank di Tengah Kota Bandung Dirampok

Kompas.com - 02/03/2011, 13:37 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Kantor Kas Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya di Jalan Wastukancana Nomor 65 Bandung disatroni kawanan perampok bersenjata api, Selasa (1/3/2011) malam. Akibatnya, dua karyawan kritis dan satu orang lainnya mengalami luka tembak.

Salah seorang petugas keamanan BPR, KS Makmun (38), Rabu, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Ketika itu kawanan perampok menembak dua karyawan bank, yakni satpam Ahmad Winarto dan office boy bernama Dudi. "Dudi ditembak di bagian kepala, sedangkan Ahmad Winarto ditembak di bagian leher," ujar Makmum.

Sementara itu, Kepala subbagian Humas Polrestabes Bandung Kompol Endang Sri Wahyu Utami menuturkan, terdapat dua kali tembakan dalam peritiwa tersebut. Sekitar pukul 22.00 WIB, pelaku datang ke bank dengan sepeda motor, kemudian pelaku mengetuk pintu bank, tapi saat satpam membuka pintu pelaku langsung menodongkan senjata api.

"Saat ditodong senjata, satpam sempat melakukan perlawanan. Waktu tembakan pertama tidak kena, sedangkan tembakan kedua kena leher satpam. Lalu pelaku masuk dan menganiaya OB," katanya.

Endang menambahkan, satpam bank yang menjadi korban tersebut berpura-pura meninggal. "Satpam yang pura-pura mati minta tolong ke satpam yang ada di sebelahnya. Setelah itu pelaku melarikan diri," katanya.

Menurut Endang, pelaku tidak sempat membawa barang berharga yang ada di bank. Hingga kini, pihaknya berupaya mengejar pelaku perampokan yang diperkuat dari keterangan empat saksi. "Kami bentuk tim khusus untuk mengejar pelaku, namun kita belum bisa mengetahui arah dan motifnya tapi kalau brankas incarannya biasanya lebih dari satu pelaku. Namun, barang bukti yang disita yakni dua butir proyektil," katanya.

Pasca-perampokan, para konsumen langsung dialihkan ke BPR KS cabang lain di Kota Bandung, yakni BPR KS cabang Merdeka, cabang Dago, dan Kantor Pusat BPR KS di Jalan Abdurachman Saleh. Kedua korban mendapat perawatan di RS Hassan Sadikin Bandung.

Baca Juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com