Agus: Pemerintah Tidak Serius Batasi BBM

Kompas.com - 23/02/2011, 20:01 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, menilai ketidakberesan uji coba pembatasan bahan bakar minyak (BBM) hari ini menunjukkan bahwa pemerintah tidak serius mengeluarkan kebijakan tersebut. Sebelumnya, pemerintah mulai menerapkan uji coba hari ini dengan memasangkan stiker namun masih banyak kendaraan umum yang tak berstiker. Demikian pula dengan ketidaksiapan SPBU yang belum mengetahui soal uji coba tersebut.

"Inilah ketidakseriusan pemerintah, mau bikin kebijakan tapi tidak diberikan sosialisasi yang baik. Coba tanyakan ke masyarakat di pinggir jalan, pasti tidak tahu, saya pun baru tahu belakangan," ucap Agus, Rabu (23/2/2011), saat dihubungi wartawan.

Agus melihat kebijakan pembatasan BBM saat ini sarat dengan ketidaksiapan pemerintah dalam menyiapkan pihak-pihak terkait seperti sopir angkutan umum dan petugas SPBU sebagai palang pintu terdepan pelaksanaan BBM bersubsidi. "Kalau tidak beres seperti ini nanti saya yakin yang akan jadi kambing hitam masyarakat pasti pihak SPBU. Padahal, mereka tidak dilatih dan disosialisasi dengan cukup sebelumnya," ungkap Agus.

Kekhawatiran lain, menurut Agus, muncul manakala penerapan pembatasan BBM justru ditumpangi penumpang-penumpang gelap yang mengkritisi atau pun mendukung kebijakan pembatasan BBM bersubsidi tanpa tahu substansinya.

Lebih lanjut, Agus meminta pemerintah untuk dapat menyikapi kebijakan pembatasan BBM subsidi ini dengan serius. Pasalnya, kebijakan itulah yang langsung mengena ke masyarakat. "Ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Yang harus dilakukan pemerintah sekarang harus ada keberanian dan kemauan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.