Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesialis Penjambret Bule Ditembak Polisi

Kompas.com - 21/02/2011, 16:03 WIB

BADUNG, KOMPAS.com - Seorang penjambret yang baru saja beraksi merampas tas wisatawan asing di kawasan wisata Kuta dilumpuhkan dengan timah panas oleh aparat Polsek Kuta. Tersangka berinisial IGN AN yang berusaha melawan petugas saat ditangkap, terpaka ditembak di bagian kaki kirinya.

Diduga, tersangka adalah penjambret spesialis wisatawan asing dan telah berulang kali melakukan aksinya di kawasan wisata Kuta, sebelum akhirnya tertembak hari Minggu kemarin.

"Ciri-ciri pelaku yang disebutkan oleh para korban hampir sama dengan pelaku yang kita tangkap ini," ujar Kepala Polsek Kuta, AKP Gede Ganefo saat dikonfirmasi, Senin (21/2/2011).

Sebelum penangkapan ini, Polsek Kuta banyak mendapat laporan dari wisatawan asing yang menjadi korban penjambretan. Modus tersangka beraksi pada dini hari saat wisatawan pulang dari tempat hiburan malam.

Tersangka yang mangkal di Jalan Ngurah Rai, Kuta menggunakan sepeda motor Mio berwarna biru langsung beraksi jika ada mangsa khususnya wisatawan asing wanita sedang berjalan kaki seorang diri. "Begitu ada wanita lewat sendirian, tersangka langsung mengejar dan kemudian memepet hingga akhirnya merampas tas tersebut," jelas Ganefo.

Saat aparat menggeledah kos tersangka, petugas menemukan barang bukti hasil jambret di antaranya 5 tas wanita, 10 dompet wanita, 8 kartu ATM, 1 kartu kredit, dan sejumlah barang bukti lainnya. Dari pengakuan tersangka, ia nekad menjambret karena sedang terlilit utang.

Tersangka saat ini mendekam di sel tahanan Polsek Kuta sedang menjalani pemeriksaan intensif untuk mencari tahu lokasi-lokasi tempatnya beraksi. Polisi sampai saat ini baru berhasil mengidentifikasi 5 lokasi dan diperkirakan masih banyak lokasi lain yang menjadi sasaran tersangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com