Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Sumbar Belum Lakukan Pembelian

Kompas.com - 18/02/2011, 22:22 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Barat belum melakukan pembelian beras selama memasuki tahun 2011. Kepala Bulog Divre Sumbar Rizal Effendi, Jumat (18/2/2011), mengatakan hal itu menyusul masih belum dilakukannya panen pada sejumlah daerah. "Di Sumbar ini relatif tidak ada panen raya karena musim tanam yang dilakukan juga berbeda-beda," katanya.

Tahun ini Bulog Divre Sumbar berencana membeli hingga 10.000 ton beras petani. Jumlah itu sama dengan target pada tahun lalu dengan realisasi pembelian sebanyak 4.700 ton saja.

Menurut Rizal, harga pembelian beras oleh Bulog saat sebesar Rp 5.060 per kilogram untuk kualitas medium.

Ia memperkirakan, pembelian beras bisa mulai dilakukan antara bulan Maret dan Mei ketika musim panen mulai berlangsung.

Rizal menambahkan, saat ini pun telah terjadi penurunan harga beras di sejumlah wilayah Sumbar dengan besaran antara 3 hingga 16 persen.

Penurunan harga terbesar terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan dari Rp 7.800 per kilogram menjadi Rp 6.500 per kilogram untuk beras jenis IR 64, sementara penurunan terendah terjadi di Kota Padang untuk beras jenis Cisokan dari Rp 10.800 menjadi Rp 10.450 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com