Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temanggung Diselesaikan Lintas Aspek

Kompas.com - 11/02/2011, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Polri memandang kerusuhan Temanggung harus diselesaikan lintas aspek. Hal ini kemudian diimplementasikan dalam kinerja tim internal yang diturunkan Kapolri langsung ke Temanggung dan dipimpin oleh Wakapolri Komjen Yusuf Manggabarani.

"Kami tidak hanya menyikapi kasus yang terjadi, tidak hanya satu aspek pendekatan semata, tetapi secara simultan dari tiga aspek. Pertama, dari aspek pengelolaan keamanan ditinjau dari pendekatan penggelaran kekuatan. Kedua, kasus ini sudah terjadi, tentu proses hukum harus berjalan, obyektivitas dan tidak diskriminatif. Ketiga, karena ada akar masalah yang perlu dibahas oleh semua pihak, maka harus kita selesaikan," kata Asisten Kapolri Bidang Operasi Irjen Sunarko di Gedung DPD, Jumat (11/2/2011).

Sunarko membantah pernyataan bahwa polisi tidak tanggap dalam merespons indikasi kerusuhan di Temanggung. Menurut dia, itu adalah penilaian sementara oleh sejumlah pihak saja. Yang jelas, lanjut Sunarko, Polri mengambil langkah-langkah sesuai realita di lapangan.

Sementara itu, masyarakat diharapkan sabar menunggu tindak lanjutnya dari proses kajian yang dilakukan oleh tim mengenai respons terhadap potensi-potensi yang bisa mengarah pada konflik. Hanya saja, Sunarko enggan mengungkapkan sasaran kerja tim ini. "Itu masih proses. Tentu sifatnya internal. Kami masih berjalan. Kami terima masukan. Kami tunggu," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com