Hatta: Pembatasan BBM Bisa Batal

Kompas.com - 09/02/2011, 16:16 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah sudah menargetkan pembatasan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi pada 1 April mendatang. Namun, pelaksanaannya tergantung pada kajian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kajian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu mengenai kondisi dan dampak sosial atas pemberlakuan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Menurut dia, pemerintah bisa berubah pikiran jika pemberlakuan pembatasan BBM bersubsidi menimbulkan inflasi dan distorsi besar terhadap perekonomian. "Ini semuanya untuk perekonomian kita untuk kesejahteraan dan keadilan," katanya, Rabu (9/2/2011).

Hatta belum tahu kapan pengkajian oleh Kementerian ESDM itu selesai. Dia meminta wartawan bertanya langsung ke Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh.

Sebelumnya Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyampaikan, pembatasan BBM bersubsidi berlaku 1 April mendatang. Beberapa kalangan berpendapat, pemberlakuan kebijakan ini bakal menggenjot inflasi. Kepala Riset Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa menghitung pembatasan BBM bersubsidi itu bisa menyumbang inflasi sebesar 1,5 persen jika desainnya tidak tepat. (Yudho Winarto/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.