Banjir di Mindanao Tewaskan 15 Orang

Kompas.com - 05/02/2011, 21:15 WIB
EditorJosephus Primus

MANILA, KOMPAS.com — Korban tewas akibat banjir bandang yang melanda sejumlah kawasan di Mindanao, Filipina, mencapai 15 orang. Demikian menurut Dewan Nasional Penanggulangan dan Peringatan Bencana (NDRRMC) serta Palang Merah Filipina (PRC), Sabtu (5/2/2011).

Selain itu, mereka juga menyebutkan bahwa setidaknya 30.350 keluarga atau 155.029 orang dari 270 desa turut terkena dampak banjir. Berdasarkan laporan yang diterima oleh NDRRMC di tempat pengungsian Aguinaldo, Quezon City, sebanyak 21.500 keluarga telah diungsikan dari kawasan yang terkena dampak banjir karena hujan lebat di sejumlah provinsi di Caraga, seperti Surigao del Norte, Suriago del Sur, dan Agusan del Norte, serta Jolo dan kawasan lain Sulu.

Dewan Penanggulangan dan Peringatan Bencana Provinsi Surigao del Sur (PDRRMC) mengatakan, sejumlah tanah longsor terjadi di Desa Bugas-bugas di Kotamadya Placer, Desa Magtangali dan Karihatag di Malimono, Desa Mabuhay di Sison, serta Desa Bonifacio dan Rizal di Surigao City.

Kerusakan pertanian dan fasilitas infrastruktur, berdasarkan perhitungan awal, mencapai  290 juta peso. Kabar terbaru, jumlah korban tewas akibat banjir meningkat menjadi 15 jiwa.

Sebanyak tiga penambang dari Malimono, yakni Carlito Benocilla (26), Raymund Bonotan (25), and Romeo Boboy (18), dikabarkan tewas akibat tanah longsor di kota tersebut.Selain itu, seorang nelayan bernama Rodel Vertical (35) dari Socorro, Surigao del Norte, juga tewas akibat tenggelam.

NDRRMC mengatakan, kabar kejadian naas terbaru terdiri dari empat orang terkubur hidup-hidup akibat tanah longsor di Surigao del Sur. Mereka bernama Nenita Corpuz (57) dan Julie Culapu (47) dari Cantilan, Isagani Borja (25) dari Marihatag, serta Aladin Corporal dari Madrid. Kejadian naas lain menimpa Teresita Acion (62) yang dikabarkan hilang terkena tanah longsor.

PRC Cabang Agusan del Norte, Butuan City, segera mengirimkan paket bantuan bagi para keluarga yang terkena dampak di wilayah cakupan mereka.

PRC cabang Surigao del Norte membagikan pakaian layak pakai dan menyediakan dapur umum serta pusat informasi bantuan pendidikan kesehatan dan kesejahteraan di sejumlah tempat pengungsian tingkat provinsi yang ditata sedemikian rupa.

PRC cabang Sulu juga membagikan makanan siap saji dan alas tidur kepada para pengungsi yang menetap sementara di halaman kantor cabang lembaga itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.