Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Juga Ingin Melantai

Kompas.com - 04/02/2011, 10:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Belakangan ini semakin banyak perusahaan penerbangan yang berniat melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Setelah PT Garuda Indonesia dan PT Indonesia AirAsia, kini giliran PT Lion Mentari Airlines mengutarakan niatnya untuk go public.

Hanya saja, manajemen Lion Air menargetkan baru akan menggelar initial public offering (IPO) pada tahun 2012. Sementara Garuda akan menerbitkan saham perdananya (IPO) pada 8 Februari 2011 ini. Adapun AirAsia akan menggelar penjualan saham perdana ke publik alias IPO pada semester II tahun ini.

Lion Air punya alasan sendiri memilih IPO tahun depan. Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana mengatakan, perusahaannya baru akan IPO jika kondisinya sudah solid. Salah satu ukurannya adalah penguasaan pangsa pasar. Maskapai ini menargetkan menguasai 50 persen pangsa pasar penumpang di Indonesia. IPO juga bisa dilaksanakan jika Lion Air sudah memiliki pesawat baru sebanyak 80 hingga 100 pesawat. "Tahun 2012 sudah bisa," kata Rusdi, Rabu (2/2/2011).

Saat ini, menurut Rusdi, Lion Air baru menguasai 40 persen pangsa pasar penumpang di Indonesia. Penumpang Lion Air tahun ini ditargetkan bisa mencapai 20 juta atau naik 20 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan pesawat yang dimiliki kini berjumlah 79 unit.

Rusdi mengatakan, tujuan Lion Air melakukan IPO untuk menjaga kelangsungan perusahaan di masa depan. "Tapi bukan untuk membiayai ekspansi," ucapnya. Untuk ekspansi, Lion sudah mendapat dukungan pendanaan dari perbankan. Jadi, dana hasil IPO hanya digunakan sebagai dana cadangan. Sayangnya, ia masih merahasiakan target perolehan dana dari IPO tersebut.

Belakangan ini, Lion Air memang rajin melakukan ekspansi. Sejak 2007, Lion Air telah menandatangi kerjasama dengan Boeing untuk pengadaan 178 unit pesawat Boeing 737-900 Extended Range (ER). Total investasi pengadaan pesawat itu 1 miliar dollar AS.

AirAsia

Berbeda dengan Lion Air, maskapasi AirAsia kini tengah sibuk mempersiapkan diri untuk menggelar IPO. Presiden Direktur AirAsia Dharmadi belum lama ini mengatakan, mereka tengah melakukan proses seleksi terhadap penjamin emisi yang akan membantu proses IPO.

Untuk IPO tersebut, AirAsia akan menggunakan laporan keuangan tahun 2010 yang kini masih diaudit. "Persiapan IPO selesai semua pada pertengahan tahun ini," ujarnya. AirAsia akan menggunakan dana hasil IPO untuk membiayai ekspansi. Salah satunya untuk membiayai penambahan pesawat Airbus A320.

Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo menilai, IPO merupakan langkah tepat bagi maskapai untuk mendapatkan dana segar guna mendukung ekspansi bisnis. Meskipun maskapai bisa mendapatkan pinjaman dari perbankan, tapi bunga bank masih cukup tinggi. "IPO menjadi alternatif menarik demi mendapatkan dana segar," tandas Dudi. (Sofyan Nur Hidayat/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com