Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 PNS Kluyuran di Jam Kerja Kena Razia

Kompas.com - 31/01/2011, 22:08 WIB

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Sebanyak 15 PNS yang tengah keluyuran saat jam kerja, Senin (31/1/2011) terjaring razia petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

"Sebenarnya ada 17 PNS yang terjaring razia, tapi dua di antaranya membawa surat tugas dari atasan sedangkan 15 lainnya tak memiliki izin," kata Kepala Kantor Satpol PP Kabupaten Pandeglang AA Wiguna.

PNS yang terjaring razia itu, tidak diberi sanksi secara langsung ataupun diamankan. Mereka hanya diminta membuat surat pernyataan tidak akan melakukan tindakan yang sama di masa mendatang.

"Kita tidak memberi tindakan apapun, tapi data PNS yang terjaring itu diserahkan pada inspektorat, dan biar inspektorat yang mengambil tindakan," katanya.

Dalam razia yang dilakukan pada beberapa titik, di antaranya kawasan Pasar Badak itu, petugas Satpol PP juga menjaring sejumlah pelajar yang keluyuran saat jam sekolah.

"Bagi pelajar yang terjaring, kita hanya memberi nasihat agar mereka tidak lagi keluyuran saat jam belajar," katanya.

Razia tersebut, digelar untuk mengawasi para PNS yang mangkir bekerja dan keluar kantor saat jam kerja, tanpa sepengetahuan atasannya.

Razia terhadap PNS ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) No.53 tahun 2010 jo PP No.30 tahun 1980 tentang Disiplin PNS.

Dalam PP tersebut ditegaskan, perlunya dilakukan razia guna meminimalisasi adanya tindakan indisipliner yang dilakukan PNS.

"Upaya ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja PNS dilingkungan Pemkab Pandeglang, sehingga kedepan tidak lagi ditemukan PNS yang berkeliaran disaat jam kerja," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com