Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api Diduga dari Kendaraan di Kapal

Kompas.com - 28/01/2011, 13:54 WIB

MERAK, KOMPAS.com -  Api yang membakar Kapal Feri Lautan Teduh diduga berasal dari salah satu kendaraan yang diangkut kapal. Tidak diketahui jenis kendaraaanya, namun beberapa penumpang menyatakan sumber api berasal dari sebuah bus.

"Saat ini data yang kami miliki masih sama, dari 438 penumpang 11 orang meninggal," ujar Dirjen Perhubungan Darat, Suroyo Alimoeso di Merak, Jumat (28/1/2011). "Namun tim penyelamat masih melakukan penyisiran untuk mencari bila ada korban lain yang mungkin tidak tercatat."

Menurut Alimoeso, penyebab kecelakaan masih diselidiki. Tim Komite Nasional Keselamatan Transortasi (KNKT) akan segera melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran.

Alimoeso juga menyebutkan, aturannya semua kendaraan di dalam kapan tidak boleh menyalakan mesin dan semua penumpang harus turun dari kendaraaanya dan berada di dek penumpang. Namun salah seorang penumpang bernama Hartono mengaku melihat beberapa orang di dalam sebuah bus yang diduga menyalakan mesin.

Sementara Direktur Lalulintas ASDP Wiratno mengatakan Kapal Lautan Teduh berangkat dari Merak pukul 03.19 dan dilaporkan terbakar pukul 3.59  di sekitar perairan Pulau Tempurung.

Kapal saat ini dikandaskan agar tidak mengganggu lalu lintas kapal di Selat Sunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com