Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

269 Rumah Terendam Air Laut

Kompas.com - 26/01/2011, 22:08 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 269 rumah, tujuh sekolah, dan dua masjid yang tersebar pada tujuh kecamatan di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur terendam air laut akibat gelombang pasang yang terjadi sejak Selasa malam hingga Rabu siang.

"Data sementara yang kami himpun mencatat sebanyak 269 rumah, tujuh sekolah dan dua masjid yang dilaporkan rusak, akibat diterjang gelombang pasang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sikka Heriando Siku, Rabu (26/1/2011).

Bangunan yang digenangi air dan yang rusak ini tersebar di Kecamatan Alok, Alok Timur, dan Alok Barat yang terletak di Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka.

Sementara kecamatan lainnya yang berada di luar Maumere yakni Talibura, Magepanda, Kewapante, dan Kangae.

Heriando Siku menambahkan, sejak Selasa malam, pihaknya bersama Tagana dan warga di sekitar lokasi bencana mengevakuasi lebih dari 400 warga ke penampungan sementara yang ada di Waioti, Nangahale, dan Talibura.

"Jumlah warga yang dievakuasi dan menempati posko penampungan sementara sekitar 439 orang," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan dapur umum, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial menyalurkan bantuan berupa beras, mie, dan bantuan tanggap darurat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com