Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8.600 Ayam dan 420.000 Burung Disikat

Kompas.com - 26/01/2011, 18:49 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang mulai menyembelih ribuan ayam pada Rabu (26/1/2011) di kawasan peternakan unggas terbesar di negara itu demi melawan wabah flu burung.

Pemusnahan 8.600 ayam di prefektur Kagoshima di bagian barat daya pulau Kyushu terjadi pasca dua wabah terpisah yang muncul di prefektur tetangga Miyazaki, tempat total 420.000 burung harus disembelih.

Kejadian tersebut merupakan wabah flu burung ketiga yang muncul di peternakan unggas tahun ini, pejabat dan para peternak khawatir wabah itu akan menyebar luas.

Pejabat setempat melarang pemindahan 5,22 juta ayam dan telur di dalam kawasan 10 Km dari pusat kemunculan wabah di prefektur Kagoshima.

"Di peternakan Kagoshima, 198 ayam ditemukan mati di salah satu dari empat peternakan di sana hingga Selasa minggu ini," kata kantor berita Jiji.

"Kagoshima adalah salah satu prefektur tempat peternakan unggas utama di Jepang dan memproduksi daging ayam terbesar di negara tersebut pada 2009," kata Jiji.

Di Miyazaki, kawasan lain dengan peternakan besar yang berada 900 Km sebelah barat daya Tokyo terjadi penyembelihan 300.000 hewan ternak karena penyakit mulut dan kuku yang merebak tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com