Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lintas Kupang-Ende-Sabu Masih Ditutup

Kompas.com - 23/01/2011, 10:57 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - PT Ferry Indonesia Cabang Kupang, NTT masih menutup lintas penyeberangan Kupang-Ende, Kupang-Aimere dan Kupang-Sabu, karena keadaan gelombang laut belum bersahabat dengan kapal-kapal feri.

"Untuk lintas penyeberangan Kupang-Larantuka, Kupang-Rote, Kupang-Lewoleba, dan Kupang-Kalabahi sudah mulai beroperasi seperti biasa," kata Manajer Operasional PT Ferry Indonesia Cabang Kupang Arnold Yansen, Minggu (23/1/2011).

Kapal feri merupakan armada pelayaran rakyat yang sangat populer bagi masyarakat di wilayah provinsi kepulauan NTT, karena secara regular menghubungkan satu pulau dengan pulau yang lain sehingga memudahkan masyarakat untuk bepergian ke daerah lain di NTT.

Selain itu, memudahkan masyarakat petani untuk memasarkan hasil pertaniannya seperti ubi, buah-buahan, sayur-sayuran serta komoditas lainnya ke daerah lain dalam wilayah kepulauan ini.

Hampir sepekan, semua armada pelayaran yang dimiliki PT Ferry Indonesia Cabang Kupang tidak beroperasi akibat cuaca ekstrim yang memicu terjadinya gelombang besar hampir di semua wilayah perairan NTT.

Kondisi ini memicu terjadinya antrean panjang kendaraan bermotor di pelabuhan penyeberangan Bolok Kupang yang hendak disebarangkan ke Flores, Lembata, Alor dan Rote. Demikian pun halnya dengan pelabuhan penyebarangan lainnya di belahan NTT.

"Kami tidak mau mengambil risiko, karena tinggi gelombang di wilayah perairan NTT pada kisaran antara 4-5 meter, sehingga semua armada feri dilarang beroperasi," kata Arnold Yansen.

Saat ini memang sedang terjadi hujan lebat, namun tidak mempengaruhi keadaan gelombang laut sehingga manajemen memutuskan untuk membuka lintasan penyeberangan ke Larantuka, Kalabahi, Rote dan Lewoleba.

Sedang, lintasan penyeberangan Kupang-Ende, Kupang-Aimere di Pulau Flores bagian tengah serta ke Pulau Sabu, katanya, belum bisa dilayani kapal-kapal feri karena keadaan gelombang laut masih rawan bagi pelayaran.

PT Ferry Indonesia Cabang Kupang memiliki tujuh armada kapal feri, yakni KMP Ile Mandiri, KMP Ile Ape, KMP Ile Boleng, KMP Umakalada, KMP Cucut, KMP Balibo serta KMP Namparnos yang melayani lintas penyeberangan Kalabahi-Baranusa-Lewoleba-Waiwerang-Larantuka, pp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com