Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan 20 Provinsi Dapat Bantuan Beras

Kompas.com - 20/01/2011, 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat cuaca buruk di laut, sebanyak 473.983 orang nelayan yang tersebar di 41 kabupaten dan kota atau hampir 20 provinsi, tak bisa melaut. Sudah pasti, kehidupan perekonomian mereka pasti semakin marjinal. Oleh sebab itu, pemerintah memberikan bantuan beras dan lauk pauknya selama 14 hari.

"Berasnya 0,4 kilogram per jiwa per hari selama 14 hari, itu termasuk pula dengan lauk-pauknya," ujar Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad, yang dalam keterangan pers didampingi Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufrie, sebelum Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Kamis (20/1/2011) siang ini.

Menurut Fadel, untuk membantu para nelayan dan lima orang anggota keluarganya itu, dibutuhkan beras sebanyak 13.271 ton beras. Salim menambahkan, untuk memberikan bantuan bagi nelayan, pemerintah sudah mengalokasikan dan dekonsentrasi sebesar Rp 540 miliar dan dana pembantuan.

Salim tak bisa merinci nilai dana pembantuan yang ditempatkan di daerah. "Kita harapkan, dengan bantuan itu, pemerintah daerah pun tergugah ikut membantu," tambah Fadel dan Salim. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com