Rp 1,8 Miliar untuk Jaminan Kesehatan Pelajar

Kompas.com - 19/01/2011, 15:50 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

PONTIANAK, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Pontianak melalui dinas kesehatan setempat tahun 2011 menganggarkan sebesar Rp 1,8 miliar untuk jaminan kesehatan bagi pelajar yang tidak mampu di kota itu.

"Jaminan kesehatan pelajar tersebut kami masukkan dalam program Jaminan Kesehatan Masyarakat Kota (Jamkesko) Pontianak," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Multi Junto Bhatarendro di Pontianak, Rabu (19/1/2011).

Multi menjelaskan, program Jamkesko itu diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi pelajar yang akan berdampak pada meningkatnya kualitas pendidikan. "Saat ini kami sedang melakukan pendataan ulang bagi pelajar penerima Jamkesko agar mereka yang menerima benar-benar dari kalangan yang tidak mampu," ujarnya.

Ia berharap, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat juga mempunyai program serupa sehingga biaya pengobatan yang tidak termasuk dalam Jamkesko bisa dimasukkan dalam Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah).

"Pelajar dan masyarakat umum peserta Jamkesko bisa berobat kepada dokter umum praktik swasta yang telah melakukan kesepahaman dengan Pemerintah Kota Pontianak," kata Multi.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji menyatakan, dalam program Jamkesko 2011, pihaknya akan mencoba memberlakukan jaminan kesehatan itu bagi semua pelajar, baik yang tergolong tidak mampu maupun mampu.

"Anggaran telah disiapkan Rp 1,8 miliar. Awalnya, kami siapkan untuk masyarakat yang tergolong tidak mampu, tetapi dialihkan ke anak sekolah karena mereka rentan terhadap wabah penyakit," kata Sutarmidji.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data Pemkot Pontianak, pada tahun 2010 jumlah peserta Jamkesko sekitar 28.000 orang, terdiri dari 22.000 anak sekolah dasar dan 6.000 masyarakat umum.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X