Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medan Banjir karena Sungai Deli Meluap

Kompas.com - 06/01/2011, 08:51 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Banjir yang melanda Kota Medan dan sekitarnya, Kamis (6/1/2011) ini, disebabkan meluapnya Sungai Deli. Luapan itu diduga akibat banjir kiriman dari arah hulu sungai sepanjang 71 kilometer tersebut.

"Medan memang diguyur hujan sejak semalam sekitar jam 21.00 sampai tadi pagi masih hujan. Tapi, kalau cuma hujan, banjirnya tidak seperti ini. Diduga kuat ini banjir kiriman dari arah hulu," ungkap wartawan Kompas, Maryoto, mengutip kesaksian warga, pagi ini.

Maryoto mencontohkan, warga di kawasan Kesawan di pinggir Sungai Deli sebelumnya tak pernah mengalami banjir. Namun, pagi ini, luapan air sudah mencapai 20 meter dari bibir sungai dan mulai merendam perumahan warga.

"Jadi, banjir ini berbeda dengan banjir di Jakarta yang meluas. Ini mungkin bisa dibilang, banjirnya panjang, sepanjang Sungai Deli, karena meluapnya air," kata Maryoto.

Sungai Deli merupakan salah satu dari delapan sungai di Kota Medan. Belum diperoleh konfirmasi mengenai penyebab kiriman air dari hulu. Namun, sejak lama diberitakan bahwa hutan di hulu sungai kian menyusut. Disebutkan, area hutan di sana tinggal 7,5 persen dari 48 hektar Daerah Aliran Sungai Deli. Padahal, setidaknya diperlukan 30 persen area DAS untuk resapan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com