Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, TKW Trenggalek Tewas di Arab Saudi

Kompas.com - 06/01/2011, 01:07 WIB

TRENGGALEK, KOMPAS.com — Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Desa Siki, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Saiyem (27), dikabarkan tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Arab Saudi pada 24 Desember 2010.

Informasi meninggalnya Saiyem disampaikan Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Trenggalek Cokro Nuranto kepada wartawan di Trenggalek, Rabu (5/1/2011).

"Jenazah Saiyem saat ini masih di Timur Tengah. Sesuai aturan yang berlaku, pengurusan pemulangan jenazah memerlukan waktu sekitar dua bulan," katanya.

Cokro mengatakan, saat ini berkas dan administrasi untuk pemulangan jenazah masih diurus pihak keluarga beserta perusahaan pengerah jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI), PT Tri Tunggal Nuansa Primatama, yang berkantor pusat di Jalan Pule Ciracas, Jakarta Timur.

Selain itu, untuk mempermudah pemulangan TKI tersebut, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Trenggalek sudah mengirimkan surat pemberitahuan ke Kementerian Tenaga Kerja.

Cokro belum bisa memastikan kompensasi ataupun santunan yang akan diberikan pemerintah daerah dan pihak PJTKI kepada keluarga Saiyem.

Ia hanya memastikan bahwa informasi kematian salah satu TKI asal Dongko tersebut telah disampaikan kepada Bupati Trenggalek Mulyadi.

"Santunan serta hak yang seharusnya didapat keluarga Saiyem sampai saat ini masih diproses, tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga pihak PJTKI yang memberangkatkan," ujarnya.

Dalam tembusan surat yang disampaikan Kedutaan Besar RI di Arab Saudi kepada keluarga Saiyem di Trenggalek, korban dipastikan tewas karena kecelakaan lalu lintas.

Peristiwa kecelakaan itu terjadi pada 24 Desember 2010 sekitar pukul 16.00 waktu Arab Saudi. Saat itu sedan yang dikendarai majikan Saiyem bertabrakan dengan truk tronton. Semua penumpang sedan tewas, termasuk Saiyem yang duduk di kursi belakang.

Beberapa waktu sebelumnya, TKI asal Desa Salamrejo, Kecamatan Karangan, Trenggalek, Istiqomah (27), dilaporkan tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com