Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Bawang Merah Dapat Bantuan Benih

Kompas.com - 04/01/2011, 19:53 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Sebanyak 640 petani di Bantul menerima 7,5 ton bantuan benih bawang merah dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut diberikan untuk mengurangi kerugian, setelah 55 hektar lahan bawang merah mereka terendam pada bulan Mei lalu. Bantuan benih ter sebut hanya mencukupi sekitar 20 persen dari kebutuhan.

"Ada 55 hektar lahan yang terendam. Kebutuhan benihnya mencapai 37,5 ton. Dengan bantuan 7,5 ton, petani masih harus mengeluarkan biaya benih 75 persen lagi. Bantuan tersebut bukan bersifat ganti rugi tetapi hanya untuk meringankan beban mereka," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul, Edy Suharyanto, Selasa (4/1/2011).

Menurutnya, bantuan yang diterima petani berasal dari pemerintah pusat. Bantuan cair setelah Pemerintah Kabupaten Bantul mengajukannya ke pusat, karena minimnya anggaran daerah. "Sebenarnya masih ada belasan hektar lagi yang terendam setelah bulan Mei, namun mereka tidak mendapatkan ganti rugi, karena Pemkab tidak menetapkannya sebagai bencana alam," katanya.

Selain bantuan benih, rencananya 640 petani tersebut masih akan menerima bantuan pupuk cair sebanyak 1.946 liter. Pupuk tersebut bisa digunakan untuk dua kali masa tanam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com