Jelang Sidang, Jalan Malioboro Kosong

Kompas.com - 13/12/2010, 10:42 WIB
EditorHertanto Soebijoto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Berbagai persiapan dilakukan di Gedung DPRD DI Yogyakarta menjelang digelarnya Sidang Paripurna DPRD DIY, Senin (13/12/2010). Sidang tersebut akan memutuskan sikap politik DPRD DIY tentang dukungan terhadap penetapan Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Panggung besar sudah didirikan di halaman DPRD DIY bertuliskan "Rakyat Yogyakarta 100 Persen Propenetapan. Sri Sultan Gubernur, Paku Alam Wakil Gubernur".

Tenda (tratag) juga didirikan di halaman Gedung DPRD DIY yang akan menjadi tempat ribuan warga DIY datang menghadiri Sidang Paripurna DPRD DIY. Dengan tenda-tenda itu, warga akan terbebas dari guyuran hujan dan sengatan terik matahari.

Tiang-tiang tenda dipasang janur-janur kuning. Janur kuning ini mengingatkan peristiwa janur kuning pada masa perjuangn mempertahankan kemerdekaan melawan Belanda. Saat itu ribuan warga Yogyakarta mengenakan tanda janur kuning untuk merebut Yogyakarta dari tangan Belanda.

Puluhan aparat kepolisian sudah mulai berdatangan ke Gedung DPRD DIY untuk mengamankan aksi massa. Sementara itu, ruas trotoar Jalan Malioboro di sekitar Gedung DPRD DIY, yang biasanya penuh dengan sepeda motor dan pedagang kaki lima, hari ini kosong. Ini untuk memberi ruang lebih luas kepada masyarakat yang akan hadir.

Diperkirakan ribuan, bahkan puluhan ribu, warga DIY akan menghadiri Sidang Paripurna DPRD DIY yang akan memutuskan dukungan terhadap penetapan Sultan HB dan Paku Alam sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Hal itu merupakan wujud dukungan warga DIY terhadap penetapan Gubernur-Wakil Gubernur DIY.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.