Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Mengungsi akibat Bentrok Ringtone

Kompas.com - 17/11/2010, 22:21 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Bentrokan yang terjadi pada Rabu (17/
11/2010) antara kedua kelompok suku di Jayapura membuat sejumlah warga masyarakat Kampung Yoka mengungsi ke Danau Sentani dan kampung-kampung sekitarnya hingga kini.

"Karena masyarakat pegunungan serang kami, jadi kami suruh anak-anak dan ibu mengungsi selamatkan diri dari Kampung Yoka, sedangkan warga lainnya kami suruh ke tengah Danau Sentani," kata Anton Deda di Jayapura, Rabu.

Dia menambahkan, sejak mendengar adanya serangan kelompok massa yang dilakukan oleh warga pegunungan Papua, pihaknya langsung mengungsikan ibu-ibu dan anak-anak.

"Kaum pria tetap bertahan untuk mempertahankan kampung, yakni dengan melakukan perlawanan," katanya.

Sejumlah warga  mengungsi ke kampung-kampung yang berdekatan, seperti Kampung Ayapo dan Kampung Asei, serta ada yang mengungsi ke hutan dan ke tengah-tengah Danau Sentani.

"Kami keluarkan panah-panah dengan parang keluar dari rumah untuk serang mereka," katanya.

Bentrokan dua kelompok ini mengakibatkan sebanyak 35 rumah, termasuk kendaraan roda dua ataupun roda empat milik warga dibakar.

 Kerugian dari peristiwa ini diperkirakan sekitar miliaran rupiah. Polisi dan warga masih berjaga-jaga dan telah menahan beberapa pelaku yang dianggap pemicu masalah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com