Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Letusan Merapi Kali Ini 5000 Meter

Kompas.com - 08/11/2010, 03:58 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dari pengamatan di lapangan, tinggi letusan dan asap solfatara yang dikeluarkan Gunung Merapi, Senin (8/11/2010) dini hari membubung hingga ketinggian sekitar 5.000 meter. Pukul 01.49 WIB, abu vulkanik bergerak dengan kecondongan arah ke barat/barat daya.

Sektor barat daya dan barat dari Merapi meliputi wilayah Turgo, Turi, Tempel, Srumbung, Dukun, Muntilan, dan Magelang. Muntahan lava pijar di puncak Gunung Merapi, mulai muncul sekitar pukul 01.25 WIB terlihat cukup besar dan kemudian meluncur berurutan.

Guguran lava pijar ini terpantau dari Manisrenggo, Klaten. Sedangkan dari Posko Keputran, Kemalang, suara menggelegar masih terdengar dari dalam perut Merapi.

Pada pukul 01.00 WIB, semburan material vulkanik Gunung Merapi juga terpantau dari kawasan Manisrenggo, sekitar 20 kilometer dari puncak di sektor tenggara.

Sebelumnya pada pukul 00.00 WIB, Merapi terus mengeluarkan geratan besar dan lava pijar ke arah selatan dan tenggara. Akhirnya, pukul 00.30, Gunung Merapi meluncurkan lava pijar dan awan panas. Getaran terus menerus terasa di Manisrenggo.(Tribun Jogja/ Setya Krisna Sumargo, Mario Eka Danardono, Ade Rizal)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com