Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Menteri Datang untuk Mentawai

Kompas.com - 06/11/2010, 10:51 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Tiga menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II secara bersamaan mengucurkan bantuan untuk para korban bencana gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sabtu (6/11/2010).

Penyerahan bantuan dari masing-masing kementerian, yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Riset dan Teknologi, secara simbolik diserahkan di Ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam kepada para korban dan menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 175 juta serta 100 tenda besar untuk digunakan sebagai tempat tinggal para pengungsi ataupun pasar darurat.

"Kami menyumbang tenda sementara 100 tenda. Karena biasanya yang selalu terjadi dalam bencana adalah rusaknya sarana perdagangan. Yang harus dipulihkan selain infrastruktur adalah sarana perdagangan karena setiap orang perlu membeli kebutuhannya," ungkapnya sebelum memberikan bantuan secara simbolik.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro juga menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada para korban bencana.

Selain untuk menyerahkan bantuan, Purnomo mengaku juga akan melakukan inspeksi langsung ke lapangan mengenai perkembangan operasi militer dalam penanganan bencana yang dilakukan oleh anggota TNI.

"Saya senang dengar laporan pasukan sudah masuk sejak hari pertama dan kedua. Walau dari Pangdam, saya dengar juga Danrem pun susah masuk ke Pagai Selatan karena medan tempurnya sulit," katanya.

Di sisi lain, Menristek Suharna Surapranata akan melakukan kunjungan langsung ke lokasi bencana untuk mengecek peralatan prediksi bencana tsunami agar ke depannya bisa lebih efektif bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com