Inilah Kronologi Insiden Qantas

Kompas.com - 04/11/2010, 12:37 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan, Kamis (4/11/2010) siang, memberikan keterangan resmi terkait pemberitaan pesawat milik maskapai penerbangan Australia, Qantas, yang sempat mengalami kegagalan mesin nomor dua yang terletak di bagian sayap kiri ketika melintasi wilayah Batam.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, pesawat jenis A380 dengan nomor penerbangan QFA-32 rute London-Singapura-Sydney lepas landas dari Bandar Udara Internasional Changi pada pukul 09.00. Baru lepas landas lima menit, pesawat berpenumpang 469 orang tersebut mengalami masalah. Beberapa bagian mesin lepas dari badan pesawat.

Pesawat diputuskan untuk kembali ke Singapura atau return to base (RTB). Namun, mengingat bahan bakar masih penuh, maka pilot melakukan fuel dumping (menghabiskan bahan bakar) di atas perairan di sekitar poin HOSBA. Di sana, pesawat berputar-putar selama 90 menit.

Saat itu, pihak Singapura sempat melakukan kontak dengan otoritas Bandar Udara Hang Nadim, Batam. Setelah berputar-putar selama 90 menit, akhirnya pesawat berhasil mendarat dengan selamat pada pukul 10.46 di Changi. Semua penumpang selamat. Saat ini, Indonesia terus melakukan kontak dengan pihak Singapura.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X