Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekat Tugu Yogya Panik Akibat Abu Merapi

Kompas.com - 30/10/2010, 03:33 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Semburan material erupsi vulkanik Gunung Merapi mencapai pusat Kota Yogyakarta yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat erupsi.

Kondisi tersebut membuat aktifitas Kota Yogyakarta pada Sabtu (30/10/2010) dini hari terlihat layaknya siang hari. Jalan-jalan utama, seperti di Jalan Panglima Jenderal Sudirman dekat Tugu Yogya dipenuhi oleh berbagai kendaraan warga.

Jalan Jenderal Sudirman berjarak sekitar 1,8 Km dari Malioboro Mall di Jl Malioboro, Yogyakarta. Abu vulkanik sepenuhnya telah menutup Kota Yogyakarta. Abu tersebut membuat jarak pandang terbatas.

Polisi lalu lintas yang bertugas, tiap lima menit sekali, mengimbau agar pengendara dapat mengurangi kecepatan bekendara.

Kepanikan memang terlihat jelas di jalan utama Yogyakarta tersebut. Puluhan kendaraan dari berbagai jenis, memenuhi jalan raya yang sudah tertutup abu vulkanik Merapi.

Pantauan Tribunnews.com, abu vulkanik pekat terus-menerus mengguyur Kota Yogyakarta. Semua kendaraan, tak ada satu pun yang lolos dari selimut abu dan pasir. Pekat udara bercampur aroma belerang membuat sesak napas.

Terlihat massa sebuah ormas membagikan masker gratis kepada warga di persimpangan Jalan Jenderal Sudirman. (Febby Mahendra Putra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com