Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Mbah Maridjan Dimakamkan

Kompas.com - 27/10/2010, 22:48 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Keluarga Mbah Maridjan sepakat memakamkan juru kunci Gunung Merapi tersebut di kawasan Srunen, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Kamis (28/10/2010) sekitar pukul 10.00 WIB.

Keputusan diambil setelah keluarga menggelar musyawarah di rumah Agus, orang dekat Mbah Maridjan, di kawasan Jalan Kaliurang Km 5, Yogyakarta, Rabu (27/10/2010) malam. Istri Mbah Maridjan menyetujui hasil musyawarah anak-anaknya.

"Mbah Maridjan akan dimakamkan di Dusun Srunen, besok sekitar pukul 10.00," kata Agus.

Sebelumnya sempat beredar kabar, pemakaman akan dilakukan di Sidorejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Tidak diperoleh informasi detail mengenai alasan pemilihan lokasi pemakaman. Namun yang jelas, di dusun itu tinggal Mbah Tiar, adik ipar Mbah Maridjan.

Informasi lain menyebutkan, istri dan dua anak Mbah Maridjan akan tinggal di rumah Agus karena rumah mereka di Kinahrejo sudah hancur tersapu awan panas.

"Terakhir kali saya bertemu Mbah Maridjan dua minggu lalu. Saya bawakan kaset akapela lagu-lagu Jawa. Beliau sangat senang," ujar Agus, yang mengaku sudah kenal dekat dengan Mbah Maridjan sejak 30 tahun lalu.

Satu kenangan yang tidak terlupakan Agus yaitu ketika Pilpres 2009 lalu, Mbah Maridjan tiba-tiba ingin ketemu wartawan. Saat itu ia mengatakan, "Mbok kalau mau cari jenang (dodol) lebih dulu cari jeneng (nama)."

Agus menafsirkan, Mbah Maridjan ingin menyindir para politisi yang ingin berkuasa, tetapi belum punya nama. Jenang merupakan simbol kekuasaan, sedangkan jeneng simbol dari popularitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com