Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utusan Menko Kesra Tinjau Banjir Wasior

Kompas.com - 05/10/2010, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Utusan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Agung Laksono akan meninjau lokasi banjir bandang yang melanda Wasior, ibukota Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

"Utusan dari Menko Kesra akan segera meninjau lokasi banjir bandang," kata Staf Ahli Menko Kesra bidang Perubahan Iklim dan Mitigasi Bencana, Asep Djembar Muhammad, di Jakarta, Selasa (5/10/2010).

Ia menjelaskan, belum diputuskan siapa yang akan berangkat karena masih menunggu laporan lebih lanjut dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana. "Perwakilan dari BNPB mungkin tiba di lokasi banjir bandang," katanya.

Dia juga menjelaskan pihaknya masih menunggu data tambahan dari pihak lainnya yang salah satunya dari pemerintah daerah. "Berbagai data yang masuk nantinya akan kami sinkronisasi dan tindak lanjuti," katanya.

Dia juga menambahkan pihaknya sudah meminta BNPB untuk segera melakukan langkah tanggap darurat di lokasi bencana.

Hujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak Minggu (3/10/2010) hingga Senin (4/10/2010) menyebabkan banjir bandang. Sejumlah orang dilaporkan tewas terseret arus yang membawa kayu gelondongan dan bebatuan dari atas gunung.

Danramil 1703-07 Letnan Satu D Aronggear yang dikonfirmasi di Jayapura menyebutkan data sementara korban tewas hingga Senin diperkirakan sepuluh orang. Saat ini ratusan warga terpaksa mengungsi di Kantor Bupati Teluk Wondama yang berada di Kota Wasior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com