Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Miskin Ini Bakal Kehilangan Matanya

Kompas.com - 04/10/2010, 22:19 WIB

BIAK, KOMPAS.com - Warga Kampung Inggiri, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Barbalina Sarawan (8), penderita tumor mata kiri pasrah menjalani kehidupan, karena tak punya biaya operasi di RSCM Jakarta.

Jhon Sarawan, paman Barbalina Sarawan di Biak, Senin mengharapkan bantuan biaya pengobatan dari Pemkab Biak dan para dermawan untuk meringankan beban pembiayaan pengobatan anaknya di RSCM Jakarta.

"Saya sudah mengajukan permintaan bantuan dana kepada Pemkab Biak, ya jawaban surat sekda Jhon Than menyebutkan dana bantuan masyarakat tahun 2010 telah habis," ujar Jhon Sarawan kepada pers di Biak, Senin (4/10/2010).

Dia mengatakan, akibat tak punya dana untuk operasi tumor mata sesuai rujukan dokter rumah sakit Dian Harapan Jayapura, maka Barbalina Sarawan hanya tinggal di rumah dengan keluarga.

"Penyakit tumor mata dialami keponakannya makin parah karena mata sebelah kiri sudah tertutup sementara mata sebelah kanan mulai kabur penglihatannya," ujar Jhon Sarawan tampak sedih menatap keponakan penderita tumor mata.

Sebagai masyarakat miskin yang bekerja sebagai nelayan, menurut Jhon Sarawan, dirinya tidak mungkin mempunyai dana mencapai Rp 50 juta, karena pendapatan sehari-hari dari menangkap ikan hanya cukup buat makan sehari-hari.

Ia mengakui, untuk membiayai pelaksanaan operasi penyakit tumor mata keponakannya itu di RSCM Jakarta, diperkirakan membutuhkan dana mencapai Rp 50 jutaan.

"Selama menjalani pengobatan di rumah sakit Biak dan RSDU Dok II hingga di RS Dian Harapan Jayapura, uangnya habis hingga Rp 10 juta. Pekerjaan sebagai nelayan saya tak sanggup menanggung biaya pengobatan, karena itu saya membutuhkan bantuan dari dermawan," kata Jhon Sarawan sambil menggendong Barbalina Sarawan.

Secara terpisah, Wakil Ketua II DPRD Biak Jan Dantje Kbarek SE mengakui, dia sangat prihatin dengan kondisi penderita tumor mata Barbalina Sarakan, sebab jika tidak segera diobati dapat mengancam kehidupan anak bersangkutan.

Dia mengimbau, jajaran pemkab Biak bersama dinas kesehatan dapat memberikan bantuan pembiayaan bagi penderita tumor mata Barbalina Sarakan lewat dukungan anggaran Otsus bidang kesehatan.

"Kondisi fisik anak penderita tumor mata perlu mendapat penanganan medis secepatnya, bantuan dana Otsus paling tepat diberikan mengingat alokasi anggaran Otsus untuk kepentingan masyarakat asli Papua," ujar politisi PDI Perjuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com