Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Martadinata Kemungkinan Bisa Ambles Lagi

Kompas.com - 19/09/2010, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat ujung utara Jalan RE Martadinata ambles pada Kamis (16/9/2010) pukul 03.00, sisi badan jalan lain RE Martadinata memiliki potensi kembali ambles. Hal ini dikarenakan tanah yang ambles mencapai 5 meter yang kemudian terbawa gelombang pasang surut. Hal ini disampaikan Staf Puslitbang Sumber Daya Air Kementerian PU, Sudarta, Minggu (19/9/2010), saat mengunjungi lokasi kejadian.

"Bisa saja (ambles) kalau melihat kedalaman yang ambles 5 meter dan gerakan tanah yang terbawa gelombang pasang surut," ujarnya kepada pewarta.

Untuk mengetahui kepastian kemungkinan tersebut, lanjut Sudarta, pihaknya semenjak kemarin mulai mengkaji gerakan air terhadap stabilitas struktur jalan dan pengukuran kecepatan air dengan memasang alat ukur kecepatan air yang dipasang pada kedalaman 8 meter.

"Pengukuran stabilitas ini untuk melihat apakah ada gerakan yang bisa mengerosi struktur jalan. Sampel yang diambil adalah tipografi kawasan yang ambles," ujar Sudarta.

Selain itu, ia juga mengungkapkan solusi yang tepat untuk jangka panjang, yaitu memasang tiang pancang sampai ke dasar laut agar gerakan tanah tidak terbawa air. "Kalau dilihat ini gerakan tanahnya lambat," ungkap Sudarta.

Seperti yang diberitakan, Jalan RE Martadinata ambles pada Kamis (16/9/2010) sekitar pukul 03.00. Penyebab amblesnya jalan yang sering dilalui kendaraan beban berat tersebut hingga kini masih diteliti oleh instansi terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com