Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bala Eskavasi Temuan Prasejarah di Aceh

Kompas.com - 17/09/2010, 02:02 WIB

TAKENGON, KOMPAS.com--Badan Arkeologi (BALA) Sumatera Utara kembali melakukan eksavasi (penggalian) di beberapa lokasi di seputaran Danau Laut Tawar, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah,  yang diperkirakan pernah dihuni manusia pra sejarah.

Ketua tim peneliti dari BALA Sumut Ketut Wiradnyana di Takengon, Rabu menyatakan, pihaknya kembali melakukan eksavasi setelah setahun lalu  menemukan batu kapak persegi yang diperkirakan berasal dari zaman pra sejarah  berusia 3.500 tahun.

"Rencana eksavasi akan dilakukan di tiga titik berbeda di Kampung Mendale Kecamatan Kebayakan. Di Ceruk Mendale (Rock Shelter/Abris Shous Roches) Mendale sudah ditemukan batu kapak persegi, kepingan gerabah dan tulang manusia. Kita akan lanjutkan penelitian ini," kata Ketut.

Dikatakan, penemuan Balai Arkeolog Sumut sebelumnya sudah menunjukkan secara pasti (absolute) bahwa kawasan danau sudah pernah dihuni manusia pra sejarah yang memakai peralatan sederhana sebagai alat, seperti batu kapak persegi.

"Rombongan peneliti akan tiba di Takengon, 23 September dan selama sepekan akan melakukan lanjutan penelitian," sebut Ketut.

Sebelumnya, Ketut bersama sembilan peneliti lainnya selama seminggu mengeksavasi sebuah ceruk di Mendale Kecamatan Kebayakan dan menemukan fakta mengejutkan yakni batu kapak persegi dari zaman neolitik berusia 3.500 tahun.

Bersama penemuan tersebut, juga didapat dari hasil eksavasi tersebut potongan tulang manusia, gerabah dan sejumlah temuan arkeolog lainnya.

"Guna memastikan usia dari temuan arkeolog di Takengon, perlu dilakukan analisa carbon ke Batan," kata Ketut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com