Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Sepeda Motor Naik 11 Persen

Kompas.com - 15/09/2010, 23:45 WIB

MERAK, KOMPAS.com - Pemudik Lebaran 2010 yang menggunakan motor di Pelabuhan Penyeberangan Merak diperkirakan naik 11 persen menjadi 18.101 unit dibandingkan Lebaran 2009 yang tercatat 16.251 unit.

"Saya prediksikan pemudik sepeda motor meningkat," kata Manajer Operasional PT Indonesia Ferry Cabang Merak Endin Juhaendi, Rabu (15/9/2010).

Endin mengatakan, meningkatnya pemudik Lebaran yang menggunakan sepeda motor disebabkan mudahnya memperoleh kredit sepeda motor.

Selain itu sepeda motor lebih santai dan irit ongkos dibandingkan kendaraan umum.

"Saya kira dari tahun ke tahun pemudik Lebaran yang menggunakan sepeda motor terus meningkat," katanya.

Ia juga mengatakam, jumlah penumpang kendaraan umum pada 2010 turun 20 persen atau 113.050 orang dibandingkan 2009 yang mencapai 142.166 orang.

Dia menyebutkan, menurunnya jumlah penumpang umum tersebut karena kebanyakan warga memiliki kendaraan sepeda motor dan mobil pribadi.

Selain itu juga karena faktor budaya masyarakat yang berubah karena saat ini mereka mudik setelah Lebaran sebab pascalebaran lebih santai dan dapat menghindari kemacetan lalu lintas.

"Kalau dulu pemudik sebelum Lebaran, namun kini mereka mudik setelah Lebaran," katanya.

Sementara itu jumlah kendaraan roda empat tidak jauh berbeda dengan 2009.

Pada tahun ini, jumlah kendaraan roda empat yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni mencapai 9.320 unit, sedangkan, pada 2009 mencapai 9.583 unit.

"Pelayanan Pelabuhan Merak lebih bagus dibandingkan tahun-tahun lalu karena tidak terjadi antrean kendaraan dan tidak ada penumpang yang telantar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com