Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertigaan Cijelag Macet 5 Km

Kompas.com - 08/09/2010, 17:03 WIB

SUMEDANG, KOMPAS.com — Penumpukan kendaraan pemudik terjadi di pertigaan Cijelag, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, hingga persimpangan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Rabu (8/9/2010). Kendaraan dari arah Bandung dan Cikamurang bertumpuk di pertigaan tersebut. Penyebab kemacetan adalah bertumpuknya kendaraan pemudik dari Jakarta yang dialihkan ke Sadang-Bandung dengan kendaraan yang dialihkan ke jalur alternatif Subang-Cikamurang.

Pemudik terpaksa tertahan di kemacetan tersebut 1-2 jam. Andrey (25), pemudik tujuan Kuningan, mengatakan bahwa kemacetan dari arah Cikamurang terjadi 2 km sebelum pertigaan Cijelag. Kepadatan arus kendaraan dari Cikamurang terlihat hingga 5 km sebelum pertigaan, sedangkan dari arah Sumedang (Bandung) macet sampai 3 km. Kemacetan juga diakibatkan oleh sejumlah pemudik yang tidak sabar sehingga menyerobot jalan. Dengan begitu, deretan kendaraan yang seharusnya satu lajur menjadi dua lajur.

Menurut Kepala Pos Pengamanan Cijelag AKP Tatang, kemacetan dimulai sejak pagi. Namun, arus kendaraan memadat sejak Selasa (7/9/2010) malam. "Macetnya baru tadi pagi sampai sekarang. Simpul kemacetan karena dua arus menyatu menjadi satu sehingga arus menjadi padat sekali," kata Tatang.

Selepas dari pertigaan Cijelag, lalu lintas masih padat hingga persimpangan Kadipaten. Laju kendaraan hanya sekitar 20 km/jam. Setelah persimpangan Kadipaten, pada pukul 13.30, sudah lebih lancar dibandingkan tadi pagi. Namun, kemacetan tetap terjadi di daerah Jatiwangi hingga Dawuan. Panjangnya hingga 7 km.

Menurut Ipda Baban, Kepala Pengendali Pos Pengamanan Jatiwangi, kemacetan di Jatiwangi masih merupakan dampak dari pasar tumpah, Pasar Cibolerang. Diperkirakan, pasar tumpah masih akan berlangsung sampai pukul 16.00. Penyebab kepadatan di pasar tumpah adalah becak yang mengangkut penumpang pulang dari belanja. Sayangnya, di sepanjang kemacetan itu tak terlihat polisi atau pegawai dinas perhubungan untuk membantu mengatur kendaraan pemudik. Petugas pengaturan hanya terpusat di persimpangan Jatiwangi dan pasar tumpah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com