Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Pekanbaru Siap "Back Up" Polonia

Kompas.com - 30/08/2010, 19:06 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Manajemen Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyatakan bandara itu bakal menjadi bandara pengganti (alternate) bagi Bandara Polonia Medan, jika kemungkinan buruk terjadi seperti meletusnya Gunung Sinabung, Sumatera Utara .

"Bandara kita merupakan alternate jika sewaktu-waktu cuaca di sekitar Bandara Polonia Medan buruk, terutama kemungkinan terburuk dari aktifitas Gunung Sinabung," ujar Kepala Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II, Dedi Suryana, di Pekanbaru, Senin (30/8/2010).

Dedi Suryana mengatakan segala kemungkinan buruk bisa saja terjadi menyusul keputusan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang menaikkan status Gunung Sinabung dari B menjadi A atau dari yang tidak pernah dipantau menjadi untuk terus dipantau. Peningkatan status sejak Minggu, (28/8/2010) menjadi Awas atau level IV terhadap gunung yang sebelumnya tidak mendapatkan prioritas pemantauan sejak tahun 1.600-an akibat tidak adanya aktivitas berarti, tapi kini menjadi perhatian berbagai pihak termasuk dunia penerbangan.

Sebab jika Sinabung meletus dengan mengeluarkan kepulan asap, maka hampir bisa dipastikan pesawat-pesawat yang terbang dari berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera seperti Jakarta, Batam dan Pekanbaru menuju Kota Medan bakal terganggu. "Ketiga kota itu memiliki penerbangan langsung ke Medan dan bisa dibayangkan dalam perjalanan menuju kota itu dijumpai kepulan asap tebal. Apalagi jika Bandara Polonia dan sekitar ditutupi kepulan asap dari letusan gunung," jelasnya.

Meski belum ditemukan adanya pesawat yang mengalihkan pendaratan (divert) ke Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, pihak pengelola bandara milik PT Angkasa Pura II itu menyatakan siap menjadi bandara alternate. Taxy way atau tempat parkir pesawat di bandara itu sanggup menampung 11 pesawat yang terdiri atas enam pesawat berbadan lebar (wide body) dan kemudian lima pesawat berbadan sempit (narrow body).

Kondisi parkir pesawat yang terbatas itu, maka bisa dipastikan bakal mengganggu aktifitas operasional maskapai Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru yang memiliki 60 kali pergerakan pesawat dengan 6.000 penumpang per hari.  "Dengan kondisi tersebut, maka sudah pasti aktifitas bandara terganggu. Namun sebelumnya pun kita juga telah melayani maskapai yang diver karena kondisi cuaca buruk di bandara tujuan," jelas Dedi.

Pada Senin, (30/8/2010) sekitar pukul 06.30 WIB, Gunung Sinabung dilaporkan kembali menyemburkan asap ke udara dan terjadinya gempa lokal yang terjadi secara-tiba yang dirasakan warga di Kota Kabanjahe, ibu kota Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sebelumnya Minggu dini hari Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.640 meter di atas permukaan laut dan terletak di Desa Merdinding, Kecamatan Payung, Karo itu meletus dengan mengeluarkan asap tebal disertai larva pijar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com