Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kualanamu Harus Selesai Tahun 2012

Kompas.com - 10/08/2010, 20:10 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Masyarakat Sumatera Utara bisa bergejolak jika pemerintah pusat kembali tak dapat menepati janji, menyelesaikan pembangunan Bandara Kualanamu pada tahun 2012.

Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin mengaku telah menyampaikan kekhawatiran ini dalam retreat bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu di Istana Bogor pekan lalu.

"Soal Kualanamu, maksimal tahun 2012 harus sudah operasional. Bila tidak, sekarang ini saja sudah mulai ada gejolak di masyarakat yang merasa Sumut seperti dianaktirikan oleh pemerintah pusat," ujar Syamsul.

Menurut Syamsul, dirinya mendapat jaminan dari Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi, bahwa Bandara Kualanamu bakal beroperasi pada tahun 2012. Jaminan ini lanjut Syamsul, termasuk ketersediaan anggaran dalam APBN untuk menyelesaikan sektor publik seperti landas pacu, taxiway dan apron yang menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan.

Saat disinggung, sebelumnya janji pemerintah pusat melalui mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, bahwa Bandara Kualanamu dapat beroperasi pada tahun 2009, tak dapat terealisasi, Syamsul hanya mengatakan, "Ya kami maklumi saja, waktu itu kan Beliau masa tugasnya tinggal seminggu lagi."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com