Kehujanan, 5 Jembatan Ambruk

Kompas.com - 05/08/2010, 12:15 WIB
EditorIgnatius Sawabi

KENDARI, KOMPAS.com - Lima buah jembatan di ruas jalan nasional poros Kolaka Utara dan Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), ambruk terkikis air setelah curah hujan cukup tinggi.       "Kelima jembatan itu ambruk karena tanah di bagian fondasi jembatan terkikis aliran air deras akibat curah hujan tinggi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sultra Dody Djalante di Kendari, Kamis (5/8/2010).       Menurut Dody, ambruknya lima jembatan itu telah menyebabkan suplai sembilan bahan pokok dan arus transportasi di dua wilayah kabupaten itu menjadi terganggu.       "Arus transportasi menjadi terganggu karena mobil harus melewati jembatan darurat yang dibuat hanya sekadar kendaraan bisa melitas," katanya.       Selain mengakibatkan jembatan ambruk, curah hujan yang cukup tinggi juga telah membuat sejumlah ruas jalan provinsi menjadi berlubang-lubang karena aspalnya terkupas setelah lapuk terendam air.       "Panjang ruas jalan yang mengalami kerusakan kami belum hitung, karena lokasinya terpencar, tidak merata pada seluruh ruas jalan, melainkan di beberapa bagian saja, atau sepotong-sepotong," katanya.       Menyikapi kerusakan jalan provinsi tersebut, Dody mengkau tidak bisa berbuat banyak, karena dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tidak tersedia biaya pemeliharaan pada ruas jalan yang rusak sebagian.       "Untuk memperbaiki ruas jalan provinsi yang rusak akibat curah hujan, kami harus menunggu APBD 2011," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.