Wartawan Istana Nginap di Kapal Pelni

Kompas.com - 02/08/2010, 16:27 WIB
EditorI Made Asdhiana

AMBON, KOMPAS.com - Wartawan peliput kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Maluku dan Ternate, terpaksa diinapkan di Kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Kapal Motor (KM) Bukit Siguntang, yang disulap menjadi hotel terapung. Pasalnya seluruh hotel di Kota Ambon, Maluku, yang menjadi tempat peresmian acara nasional Banda 2010 habis dan terisi penuh.

Akibatnya, wartawan "plat merah" seperti RRI, Kantor Berita Antara dan TVRI, yang berangkat lebih dulu beruntung menginap di hotel. Sedangkan wartawan yang berangkat bersama Presiden Yudhoyono sebagian menginap di KM Bukit Siguntang itu. Presiden Yudhoyono sendiri dan rombongan terbatas menginap di rumah dinas jabatan Gubernur Maluku di Mangga Dua, Kota Ambon.

Hotel terapung dukungan Pelni memang satu-satunya alternatif hotel, yang masih banyak menyediakan fasilitas kamar bagi peliput, pengunjung dan wisatawan Sail Banda 2010. PT Pelni adalah BUMN pelayaran, memang menyulap KM Bukit Siguntang menjadi hotel terapung untuk mendukung Sail Banda 2010 di Ambon yang berlangsung 30 Juli hingga 5 Agustus mendatang.

Dalam siaran pers Pelni yang diterima Kompas, Senin (2/8/2010) sore, latar belakang Pelni menyediakan hotel terapung untuk mengantisipasi minimnya fasilitas penginapan dan akomodasi selama program nasional itu diadakan. Oleh sebab itu, kapal yang biasanya melayani rute Kupang-Makassar-Balikpapan, dijadikan hotel terapung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.