Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nihil, Laporan Pelanggaran MOS ke Disdik

Kompas.com - 21/07/2010, 19:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengaku hingga kini tidak ada laporan pelanggaran Masa Orientasi Siswa tingka SMA yang ditutup hari ini, Rabu (21/7/2010).

Ia menjelaskan MOS berjalan baik dan lancar. "Pada dasarnya kita menerapkan orientasi benar-benar pada peserta didik baru baik secara psikologis, organisasi, dan kultur," ujar Taufik, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/7/2010).

Ia menekankan acara orientasi ini untuk menciptakan kebersamaan peserta didik baru yang terdiri dari berbagai sekolah. "Kalau misalnya ada kreasi dari sekolah, selama tidak ada kekerasan fisik, verbal, psikis yah sah-sah saja," ujarnya.

Waktu orientasi tiga hari menurut Taufik cukup. "Apalagi ini sebagai awal untuk implementasi nanti. Menyeluruhnya akan dilakukan pada aktivitas pembelajaran di sekolah," ungkap Taufik Yudi.

Bagaimana dengan sekolah-sekolah yang selama ini punya tradisi seniortitas yang tinggi? "Dari awal kita sudah beri peringaran kepada Kepsek. Kita semua turun tangan untuk mengawasi jalannya orientasi ini sampai akhir," ucap Taufik.

Adapaun, ribuan peserta didik baru tingkat SMA mengikuti kegiatan MOS selama tiga hari yakni pada Senin-Rabu, 19-21 Juli 2010. Kegiatan ini sering kali menjadi ajang perpeloncoan para murid senior kepada para murib baru tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com