Bahasa Ternate Jadi Bahasa Komonikasi

Kompas.com - 06/07/2010, 03:29 WIB
EditorJodhi Yudono

TERNATE, KOMPAS.com--Kesultanan Ternate mengusulkan Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, penggunaan bahasa Ternate menjadi bahasa komunikasi di kantor, sebagai salah satu upaya melestarikan bahasa daerah warisan leluhur itu.

"Kesultanan Ternate juga akan mengusulkan kepada Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate untuk menjadikan bahasa daerah Ternate sebagai mata pelajaran muatan lokal di semua tingkatan sekolah di daerah ini," kata Sultan Ternate, Mudhafar Sjah di Ternate, Senin.

Kesultanan Ternate akan mengusulkan hal itu setelah pelantikan calon walikota/wakil walikota Ternate terpilh pasangan Burhan Abdurrahman/Arifin Djafar pertengahan Agustus mendatang.

Sulltan merasa generasi muda semakin sedikit yang mengerti Bahasa Ternate karena mereka lebih senang menggunakan Bahasa Indonesia dalam komunikasi sehari-hari, baik di rumah maupun dalam pergaulan masyarakat.

Kondisi tersebut bisa mengancam kelestarian bahasa daerah Ternate, padahal bahasa daerah Ternate itu memiliki nilai yang sangat penting khususnya sebagai indetitas masyarakat Ternate.

"Melalui upaya tersebut diharapkan bahasa daerah Ternate akan terhindar dari kepunahan," katanya.

Kesultanan Ternate sejak dulu telah mewajibkan seluruh perangkat kesultanan dan masyarakat adat di Kesultanan itu untuk selalu menggunakan bahasa daerah Ternate dalam komunikasi sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.