Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah! Pria 44 Tahun Ikut Sunatan Massal

Kompas.com - 01/07/2010, 14:07 WIB

CIREBON, KOMPAS.com — Hari ulang tahun ke-64 Bhayangkara di Kota Cirebon, Kamis (1/7/2010), dirayakan dengan menggelar panggung gembira, pengobatan gratis, dan sunatan masal.

Menariknya, salah satu peserta sunatan masal adalah pria dewasa berusia 44 tahun. Lelaki dewasa itu, Arnol, adalah peserta terakhir dari 30 peserta sunatan massal yang digelar pada HUT ke-64 Polri.

Dia memutuskan ikut serta setelah menjadi mualaf, dengan alasan demi kebersihan dirinya. Menurut Yayat Kusnadi, Ketua RW 05, Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, warganya itu secara sukarela mendaftarkan diri menjadi peserta. Tidak ada paksaan meskipun dia adalah mualaf. "Dia hidup sebatang kara. Dia belum pernah disunat, jadi meski bukan anak-anak lagi, dia tetap mau disunat," ujar Yayat.

Arnol, yang bekerja sebagai petugas hansip di kampungnya, sabar menunggu giliran untuk dioperasi karena sebenarnya dia pendaftar terakhir. Operasinya sengaja dijadwalkan paling akhir agar tidak mengganggu operasi peserta yang lain.

Totalnya, ada dua dokter yang mengoperasi 30 peserta sunatan. Kepala Bagian Operasi Polres Kota Cirebon Komisaris Polisi Ramses Sianipar mengatakan, kegiatan sosial dan hiburan ini merupakan perayaan HUT ke-64 Polri.

Perayaannya bertepatan dengan perayaan hari jadi Kompas ke-45 di Cirebon, yang diawali dengan kedatangan tim jelajah sepeda Surabaya-Jakarta. Selain pengobatan gratis dan sunatan masal, masyarakat Kota Cirebon juga bisa memanfaatkan pelayanan perpanjangan SIM A dan C. Sosialisasi penggunaan helm standar, bahaya narkoba, dan pemakaian kompor gas yang aman. Semua ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com